ABSTRAK
UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS VIIID DI SMP N 3 MANISRENGGO ABSTRAK
Oleh: Iis Kukuh Prasetyo
NIM. 05104244026
UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS VIIID DI SMP N 3 MANISRENGGO ABSTRAK
Oleh: Iis Kukuh Prasetyo
NIM. 05104244026
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas
VIIID di SMP N 3 Manisrenggo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (action research)
yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis dan Taggart.
Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Pelaksanaan siklus II untuk mencapai kriteria
keberhasilan yang telah ditetapkan oleh peneliti. Pengambilan subyek
melalui teknik purposive subject . Subyek penelitian ini adalah kelas
VIIID di SMP N 3 Manisrenggo . Dengan pertimbangan subyek memiliki
permasalahan yang sama dalam kepercayaan diri. Jenis tindakan yang
dilakukan penerapan metode bermain peran. Teknik pengumpulan data
menggunakan tiga instrumen yaitu Skala kepercayaan diri, lembar
observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan
analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran dapat
meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIIID di SMP N 3 Manisrenggo.
Pemberian bermain peran (role playing) pada siklus I dilaksanakan empat
tindakan dan siklus II dilaksanakan yang sama hanya saja tingkat
kesulitan ditambah. Metode bermain peran dapat membangun rasa percaya
diri, rasa percaya terhadap teman dan interaksi antar subyek,
menimbulkan kepercayaan diri dalam bermain peran. Dengan cara pemberian
bermain peran (role playing) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan 7
tindakan. Dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata skor skala
kepercayaan diri sebelum dilakukan tindakan adalah 101,8 pada siklus I
meningkat menjadi 113,1 dan siklus II menjadi 148,8. Dengan cara
pemberian bermain peran (role playing) yang dilaksanakan dalam 2 siklus
dan 7 tindakan . Hasil tersebut juga diperkuat dengan hasil wawancara
dan observasi terhadap subyek yang menunjukkan adanya perilaku meningkat
dalam kepercayaan diri meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIIID
di SMP N 3 Manisrenggo.
Kata kunci : bermain peran, kepercayaan diri, penelitian tindakan kelas.
Kak bisa minta file lengkapnya buat di jadiin rujukan skripsi saya?
ReplyDeleteAssalamalaikum maaf kak bisa minta soft file nya tiak buat dijadiin rujukan skripsi saya
ReplyDelete