EVALUASI KINERJA KONSELOR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) SE-KABUPATEN BANTUL

ABSTRAK

EVALUASI KINERJA KONSELOR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) SE-KABUPATEN BANTUL

Oleh
Pramesti Ayuningtyas
NIM. 08104244016

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja konselor di Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan desain evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif.Model evaluasi yang digunakan adalah discrepancy evaluation modeldengan kriteria evaluasi menggunakan pendekatan fidelity. Subjek penelitian sejumlah 136 konselor yang diambil menggunakan teknik sampling area (cluster sampling) dan sampling acak berimbang (proportionate random sampling). Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan pencermatan dokumen. Adapun pengujian validasi isi dilakukan dengan menyusun kisi-kisi dari kajian pustaka dan validasi konstruksi mempergunakan pendapat ahli (expert judgement), sementara pengujian reliabilitas instrumen dilakukan dengan formula koefisien Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis variabel tunggal. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kinerja konselor SMP di Kabupaten Bantul dalam kompetensi pedagogik menurut evaluasi diri berada dalam kategori sangat tinggi sedangkan menurut persepsi siswa berada dalam kategori tinggi, (2) kinerja konselor SMP di Kabupaten Bantul dalam kompetensi kepribadian menurut evaluasi diri dan persepsi siswa berada dalam kategori sangat tinggi, (3) kinerja konselor SMP di Kabupaten Bantul dalam kompetensi sosial menurut evaluasi diri berada dalam kategori sangat tinggi sedangkan menurut persepsi siswa berada dalam kategori tinggi,dan (4) kinerja konselor SMP di Kabupaten Bantul dalam kompetensi profesional menurut evaluasi diri dan persepsi siswa berada dalam kategori sangat tinggi. Kata kunci: kinerja, konselor, kompetensi.

Post a Comment for "EVALUASI KINERJA KONSELOR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) SE-KABUPATEN BANTUL "