Konsep Memahami Manusia (Konseli)

Rangkaian pertama dari filter kita dapat memahami klien diambil dari psikologi perkembangan. Ini adalah konsep "tahap kehidupan." Perkembangan manusia adalah produk dari pembelajaran dan pematangan. Salah satu isu utama dalam psikologi perkembangan melibatkan pertanyaan apakah perkembangan secara halus dan kontinyu, atau apakah hal ini ditandai dengan tahap yang relatif terpisah atau berlainan. Dalam pandangan pengetahuan kita sekarang tentang perkembangan, posisi menengah mungkin adalah yang paling aman.

Beberapa peristiwa fisiologis yang adalah perkembangan katalis, seperti puberitas, relatif berlainan. Lainnya adalah proses yang sangat bertahap dan berkesinambungan. Namun, di kompleks budaya masyarakat itu sendiri struktur lingkungan sekitar apa yang paling dianggap  berlainan, terkait usia tahap perkembangan. Dalam hal ini konsep tahap kehidupan memiliki tingkat realitas sosial, terlepas dari hubungannya dengan mendasari proses fisiologis atau psikologis.

Salah satu peringatan dalam menggunakan konsep tahap kehidupan adalah bahwa mereka dapat menjadi dibuat-buat dan mekanik cara untuk mengkategorikan manusia. Namun, mereka nyaman dan berguna untuk melihat perilaku, selama kita menggunakannya secara fleksibel dan dengan pemahaman variabilitas tahap yang pasti (Kimmel, 1974).

Konsep tahap kehidupan memungkinkan kita untuk membangun kerangka kerja perkembangan di mana untuk memahami harapan peran sosial, tugas perkembangan, dan  transisi yang dapat memicu diskontinuitas utama. Formulasi tahap kehidupan benar-benar dimulai dengan teori-teori perkembangan Freud tentang tahap-tahap psikoseksual di masa kecil.

Tahap Kronologis didefinisikan terutama dalam hal usia dan terkait isu-isu usia dalam kehidupan individu. Sebuah contoh dari kerangka tahap kronologis yang terkenal "delapan tahap manusia" perumusan Erik Erikson (1963). Ia adalah model dasarnya psikososial yang telah menempatkan satu set tahapan hidup dan sesuai tugas perkembangan pusat yang timbul dari interaksi kekuatan pematangan dalam kekuatan individu dan sosial yang bertindak dalam lingkungan. Jalannya perkembangan psikologis dilihat sebagai ditentukan oleh interaksi antara dua set kekuatan. Danish (1981) mengkategorikan pengaruh-pengaruh di tiga bidang :

  1. Normatif atau yang berhubungan dengan usia cenderung memiliki pengaruh determinan biologis dan lingkungan erat kaitannya dengan usia. Wajib pensiun pada usia 65, atau onset menopause di akhir tahun empat puluhan adalah contoh yang berkaitan dengan pengaruh usia.
  2. Normatif, pengaruh historis terkait cenderung mempengaruhi sebagian besar anggota generasi tertentu dengan cara yang sama. Depresi Besar, Perang Dunia II, Korea dan Vietnam Wars, dan Hak Sipil dan Feminis gerakan merupakan contoh peristiwa sejarah yang mendalam berdampak pada sebagian besar anggota dari seluruh generasi
  3. Kehidupan non-normatif peristiwa yang berdampak pada seorang individu tidak terjadi sebagai fungsi dari usia baik atau peristiwa sejarah. Hilangnya pekerjaan, sakit, perceraian, kematian anak atau pasangan adalah semua peristiwa yang dapat terjadi pada setiap tahap kehidupan. Arti yang tepat dan dampak dari non-normatif peristiwa dapat sangat bervariasi, namun dari segi waktu tertentu atau tahap dalam siklus hidup di mana mereka terjadi. Sebagai contoh, perceraian atau kematian pasangan mungkin memiliki arti yang sangat berbeda dan dampaknya pada usia 24 dibandingkan 48 atau 64 tahun.
Okun (1984) mengungkapkan empat daftar asumsi dasar yang tumbuh dari tahap kehidupan atau pandangan hidup. Mereka adalah :

  1. Perubahan perkembangan merupakan proses yang berkesinambungan tidak terbatas pada satu waktu kehidupan.
  2. Perubahan terjadi dalam ranah sosial, psikologis, dan Biologi yang saling berkaitan dalam perkembangan manusia.
  3. Perubahan yang berurutan, sehingga perlu untuk melihat setiap tahap kehidupan dalam kaitannya dengan perubahan perkembangan yang mendahului dan mengikutinya.
  4. Perubahan pada individu harus diperhatikan, dalam dua konteks yaitu norma yang berlaku dan sejarah di mana mereka tinggal.

Sebuah konsep kunci bahwa berikut dari kerangka tahap umur dan kehidupan perkembangan adalah gagasan "krisis perkembangan." Stres menyertai tugas perkembangan yang paling signifikan, transisi, dan diskontinuitas. Salah satu perbedaan penting antara perkembangan dan model defisit berada di jalan di mana respon terhadap stres tersebut ditafsirkan. Dalam model perkembangan, banyak peristiwa yang menyakitkan dan kecemasan-membangkitkan dalam hidup dipandang sebagai krisis perkembangan bukan sebagai kerusakan emosional atau penyakit mental.

Post a Comment for "Konsep Memahami Manusia (Konseli)"