Konseling Kelompok teknik CBT (Cognitive Behaviour Therapy)

Karakteristik khusus terapi perilaku meliputi (1) melakukan penilaian perilaku, (2) tepatnya mengeja tujuan pengobatan kolaboratif, (3) merumuskan prosedur perawatan khusus yang sesuai untuk masalah tertentu, dan (4) secara obyektif mengevaluasi hasil terapi.

Dalam proses konseling terapi perilaku kognitif terdapat tiga tahap, yaitu tahap awal, tahap kerja dan tahap akhir.

Fungsi dan peran konselor Sebuah asumsi dasar dari CBT adalah bahwa hubungan kerja yang baik antara pemimpin dan anggota adalah penting, tetapi tidak kondisi yang cukup untuk perubahan. Praktisi perilaku kognitif yang paling menekankan nilai membangun kemitraan kolaboratif antara anggota dan pemimpin.

Terdapat beberapa teknik yang dapat digunakan dalam konseling CBT dalam kelompok, yaitu Pelatihan Kemampuan Sosial dalam Kelompok, Terapi Kognitif Kelompok, Pelatihan Manajemen Stres dalam Kelompok dan Perhatian dan Penerimaan Pendekatan Kognitif Pada Perilaku Terapi.

Sebuah pendekatan perilaku kognitif memungkinkan untuk evaluasi metode intervensi. Dengan fokus pada penelitian, teknik ini dibuat lebih tepat sehingga mereka dapat digunakan dengan klien tertentu dengan berbagai masalah spesifik. Pendekatan perilaku kognitif untuk kerja kelompok cocok dengan konteks gerakan praktik berbasis bukti.


DAFTAR PUSTAKA

Corey, Gerald. 2012. Theory and Practice of Group Counseling. United  Kingdom: Brooks/Cole.


Ingin mendapatkan makalah Lengkapnya?

silahkan kunjungi www.isnidhanianto.blogspot.com


0 التعليق:

Post a Comment

Penulis
Pendidikan
1. S1 BK (STKIPMPL)
2. S2 BK (Unnes)