Pendekatan Evaluasi Berorientasi Peserta

Evolusi  Pendekatan Evaluasi Berorientasi Peserta

Pada awal tahun 1967, beberapa teori evaluasi mulai bereaksi. Dalam bidang pendidikan. Teori ini menyatakan keprihatinan bahwa evaluator sebagian besar sibuk dengan menyatakan dan mengklasifikasikan tujuan, merancang sistem evaluasi rumit, pengembangan instrumentasi objektif teknis, dan pembuatan laporan teknis yang panjang, dengan hasil bahwa evaluator yang terganggu dari apa yang sebenarnya terjadi dalam program yang mereka dievaluasi. Sebuah segmen meningkatnya pendidikan masyarakat dan pelayanan manusia berpendapat bahwa unsur manusia, tercermin dalam kompleksitas realitas sehari-hari dan perspektif yang berbeda dari mereka yang terlibat.

Akibatnya, orientasi baru untuk evaluasi muncul, yang menekankan pengalaman langsung dengan kegiatan program dan pengaturan dan keterlibatan. Program peserta dalam evaluasi. Pendekatan umum, yang tumbuh dengan cepat setelah awal 1970-an, bertujuan untuk mengamati dan mengidentifikasi semua (atau sebanyak mungkin) dari kekhawatiran, masalah, dan konsekuensi Integral untuk pelayanan manusia.

Evaluator menggambarkan nilai yang berbeda dari kebutuhan Individu dan kelompok dilayani oleh program, dengan menyeimbangkan pluralitas penilaian dan kriteria dalam mode sebagian besar intuitif (Dengan intuitif, kita tidak berarti bahwa evaluator tidak dapat mendekati tugas ini secara sistematis melainkan bahwa tidak ada algoritma dia dapat mengikuti. Dengan demikian, intuisinya tentang bagaimana kriteria masing-masing akan menentukan bagaimana penghakim berbentuk) Apa yang dinilai "terbaik" sangat bergantung pada nilai-nilai dan perspektif dari mana kelompok atau individu yang menilai. Dengan melibatkan peserta dalam menentukan batas-batas evaluasi, evaluator melayani fungsi edukatif yang penting dengan menciptakan baik-informasi staf program.

Merupakan bagian dari makalah, selengkapnya dapat di unduh di bawah ini


Password ada di GROUP FACEBOOK SANG KONSELOR, silahkan klik gambar FB di pojok atas, Password gratis


0 التعليق:

Post a Comment

Penulis
Pendidikan
1. S1 BK (STKIPMPL)
2. S2 BK (Unnes)