PEMIMPIN/KONSELOR KELOMPOK YANG EFEKTIF DALAM BIMBINGAN KONSELING KELOMPOK (1)

Konselor sebagai pemimpin kelompok merupakan salah satu komponen penting dalam konseling kelompok. Kepemimpinan kelompok dalam pelaksanaan konseling kelomok sangat penting maknanya. Pemimpin kelompok mempunyai pengaruh yang kuat dalam proses konseling kelompok, bukan saja harus mengarahkan perilaku anggota kelompok sesuai dengan kebutuhan, melainkan harus tanggap terhadap segala perubahan yang terjadi dalam kelompoknya sebagai akibat dari perkembangan kegiatan kelompok itu.

A.  Latar Belakang
Pemimpin dan kelompok sangat erat kaitannya. Pemimpin sangat berhubungan dengan aktivitas kelompok (Gardner, 1990:80). Sudah ratusan riset yang dilakukan untuk mengidentifikasi persoalan atau profesional yang berkenaan dengan kepemimpinan (Johnson & Johnson, 1991; Napier & Gershenfels, 1989). Meskipun beberapa karakteristiknya berkaitan dengan kepemimpinan kelompok (misalnya, kepedulian, keterbukaan, kekuatan, kesadaran, keramahan, fleksibelitas dan sensitivitas) telah ditunjukkan, namun masih banyak dimensi yang belum diketahui.
Pemimpin kelompok memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam proses kelompok, tidak terkesuali dalam konseling atau terapi kelompok. Setiap konseling atau terapi merupakan suatu proses yang kompleks. Banyak faktor yang mempengaruhinya, antara lain faktor konselor atau terapis, metode yang digunakan, dan karakteristik klien yang dihadapinya (prawitasari, 1991:7). Oleh karena peranan, fungsi, kepribadian dan keterampilan pemimpin adalah sentral dalam proses terapeutik (penyembuhan), maka semua model teoritis mencurahkan banyak perhatiannya pada pemimpin (Corey, 1981:198)
Untuk menjadi pemimpin kelompok, tidak hanya orang yang bertugas disekolah. Di setting lainpun dengan apapun jenis jabatan yang disandangnya, dapat menjadi pemimpin kelompok. Jadi, siapapun dalam peranannya yang membantu, mengajar atau dalam kedudukannya sebagai pengawas, mungkin ingin atau dikehendaki memimpin kelompok-kelompok. Profesional-profesional seperti psikiater, ahli-ahli psikologi, pekerja sosial, konselor, menteri, manajer dan guru, semuanya dapat menggunakan kelompok dalam pekerjaannya.
Koselor sebagai pemimpin kelompok merupakan salah satu komponen penting dalam konseling kelompok. Kepemimpinan kelompok dalam pelaksanaan konseling kelomok sangat penting maknanya. Pemimpin kelompok mempunyai pengaruh yang kuat dalam proses konseling kelompok, bukan saja harus mengarahkan perilaku anggota kelompok sesuai dengan kebutuhan, melainkan harus tanggap terhadap segala perubahan yang terjadi dalam kelompoknya sebagai akibat dari perkembangan kegiatan kelompok itu. Oleh karena itu, untuk dapat melaksanakan tugas, peranan dan fungsinya sebagai pemimpin kelompok, kepribadian dan keterampilan konselor adalah sentral dalam proses terapeutik, maka semua model teoretis mencurahkan banyak perhatian pada pemimpin kelompok.

B.  Rumusan Masalah
1.         Siapakah Pemimpin Kelompok  ?
2.         Apa sajakah Tugas-Tugas Pemimpin Kelompok ?
3.         Apakah Syarat-Syarat Pemimpin Kelompok ?
4.         Apakah Fungsi Utama Pemimpin Kelompok ?

C.  Tujuan
1.      Dapat mengetahui Siapa Pemimpin Kelompok
2.      Memahami Tugas-Tugas Pemimpin Kelompok
3.      Memahami Syarat Pemimpin Kelompok
4.      Mengetahui Fungsi Utama Pemimpin Kelompok

D.  Manfaat
Dengan adanya makalah ini diharapkan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dan wawasan pembaca terutama penyusun, dalam mengetahui dan memahami Pemimpin /  konseling Kelompok yang Efektif dalam Bimbingan dan Konseling Kelompok secara efektif.

SHARE THIS

Author:

Pendidikan : S1 BK, S2 BK. Pekerjaan : Dosen STMIK Pringsewu, Dosen Tamu BKI FDIK UIN Lampung. Keahlian : Model-model Konseling, BK Komprehensif, Konseling kelompok, Statistik Sosial

Previous Post
Next Post