Review Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Testing
Dalam Konseling Dosen Pengampu: Dr. Eddy Purwanto, M.Si. pada Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang 2013
Dalam penggunaan tes untuk beberapa atau semua tingkat individu harus adanya pertimbangan dalam memilih tes, setelah pelaksanaan, guna pengambilan berbagai uji keterampilan dan pengetahuan dalam mengambil suatu tes. Karena tes mempengaruhi berbagai sikap (aspirasi, harapan keberhasilan atau kegagalan) dan kepentingan, adat, perilaku, dan karakteristik emosional. Banyak faktor-faktor dalam kaitannya dengan tujuan pengujian dan pemilihan tes. Beberapa topik, bagaimanapun, saran pertimbangan di sini. Oleh karena itu, ada beberapa pertimbangan dalam tes, yaitu;
1. Pelatihan (pembinaan) dan praktik
2. Respon Set
3. Menyusun Keinginan Sosial
4. Menebak
5. Kecepatan
6. lmplikasi Uji untuk pengembangan test
7. Implikasi bagi Konselor.
8. Respon Lainnya
Menurut Goldman (1971:108), persepsi dan perasaan dari seorang individu atau kelompok tentang tes tertentu dan pengaturan konseling tertentu dimana pengujian dilakukan. Dikecualikan adalah kecenderungan yang telah didiskusikan sebelumnya sebagai respon set, meskipun hal ini jelas tidak mungkin untuk membuat perbedaan keras dan cepat antara dua kategori. Seorang individu, misalnya, yang merasakan tes kecerdasan tertentu sebagai ancaman bagi dirinya, juga dapat membawa individu bertahan. Karakteristik ini akan mendukung set respon seperti kurangnya kecepatan dan keinginan sosial. Meskipun tumpang tindih, ini akan bermanfaat untuk memeriksa secara terpisah persepsi dan perasaan individu dalam kaitannya dengan tes tertentu. Sebagian besar, persepsi yang muncul terhadap uji tertentu memiliki fungsi sebagai proses seleksi test yang dibahas pada bab-bab sebelumnya. Sejauh mana seleksi tes dan konseling yang dilakukan (dalam grup atau individu) telah dilakukan dengan baik, kita harus berharap bahwa tes akan dilihat sebagai bagian penting (Goldman. 1971:109-117), yaitu:
1. Berpura-pura dan Memutar balikkan fakta
2. Tindakan Pencegahan
3. Peralatan terhadap penyimpangan dan penentangan
4. Kecemasan dan Ketegangan
Ini sama sekali tidak jelas, namun efek dari kecemasan dan ketegangan, dan apakah efek yang tentu merusak. Beberapa orang, setelah semua, merasa cukup yakin bahwa tingkat ketegangan meningkatkan kewaspadaan mereka dan memungkinkan mereka berfungsi pada tingkat yang lebih tinggi daripada ketika mereka lebih santai. Sebelum mencoba merumuskan kesimpulan atau rekomendasi, kita harus meneliti beberapa penelitian yang dilaporkan.
5. Implikasi bagi pengguna Tes
6. Usaha dan Motivasi
Seharusnya tidak perlu untuk mengulang dan memperingatkan tentang ketaatan ketat kondisi pengujian standar, seperti batas waktu dan arah standar. Pedoman pengujian yang lebih baru telah secara umum lebih memadai daripada banyak anak yang lebih besar dengan menyatakan secara rinci kondisi administrasi tes. Pada khususnya, uji administrator dan pengawas perlu panduan spesifik tentang seberapa jauh masuk menjawab pertanyaan, baik sebelum dan selama uji yang sebenarnya. Ini hanya tidak memadai untuk manual untuk menasihati memberikan penjelasan lebih lanjut dalam kasus-kasus individual bahwa semua siswa memahami apa yang mereka lakukan. Dengan instruksi ambigu seperti itu, kita bisa mengharapkan variasi antara pemeriksa dalam penjelasan yang sebenarnya, beberapa yang lebih "membantu" daripada yang lain.
Ini masalah memberikan administrasi proper test kurang serius dimana konselor terlatih dan psychometrists melakukan pengujian daripada di banyak program pengujian institusi dimana umum untuk guru kelas (di sekolah) dan pegawai (dalam industri, angkatan bersenjata, dan tempat-tempat lain) untuk menjadi administrator. Tanggung jawab ada dua untuk penulis pengujian dan editor untuk memberikan arah sebagai secara eksplisit dan jelas mungkin, dan untuk fersons bertanggung jawab di sekolah atau instansi untuk memilih administrator menguji hati-hati dan memberi mereka pelatihan yang tepat dan pengawasan. Jika ini memperingatkan tidak diamati, kita harus menghadapi kelanjutan dari keadaan sekarang, salah satu hasil yang adalah bahwa kita dipaksa untuk meragukan keakuratan nilai tes diberikan oleh banyak sekolah dan lembaga lain, karena tidak ada jaminan cukup standar minimum administrasi uji telah diamati.
1. Pemeriksaan dan Situasi Psikologis
2. Proses Penyelesaian Masalah
Kedua anak laki-laki tiba di jawaban yang benar, tetapi melalui metode yang berbeda, Paulus telah menggunakan lebih hampir "murni" metode visualisasi, rupanya membandingkan bentuk dan ukuran dalam sebuah cara visual cukup langsung. Robert digunakan verbalisasi lebih, pertama mengidentifikasi setiap bagian dibongkar dan kategorisasi, kemudian mencari bagian yang cocok dengan label-label, ia dapat melakukan hal ini sebagian besar dengan kata-kata bukan dengan membandingkan gambar langsung sebagai Paulus tampaknya telah dilakukan. Meskipun skor mereka yang mengakibatkan mungkin sama, kedua anak laki-laki dapat berfungsi cukup berbeda dalam program sekolah atau pekerjaan yang meliputi kegiatan visualisasi. Sebagai contoh, Paulus mungkin akan belajar lebih cepat dan lebih efektif melalui metode visual, dimana Robert bisa diharapkan untuk belajar lebih baik dari penjelasan verbal, apakah dia membaca mereka atau mendengarkan mereka. Tentu saja, dalam situasi tertentu yang melibatkan masalah visualisasi, mereka mungkin berakhir seperti belajar cepat dan lunction mungkin sama baiknya, masing-masing menggunakan pendekatan sendiri pilihan. Dalam hal itu, prediksi yang sama akan dibuat untuk baik dari nilai kasar yang sama pada tes. Namun, sejauh bahwa mereka akan berfungsi secara berbeda dalam situasi tertentu, satu belajar lebih cepat daripada yang lain, satu belajar lebih banyak daripada yang lain, sejauh itu akan menjadi kesalahan untuk membuat prediksi yang sama hanya karena mereka kebetulan memiliki sama skor pada tes. Namun, seseorang tidak memiliki pilihan lain kecuali untuk membuat interpretasi yang sama untuk kedua, karena skor tersebut tidak mencerminkan proses mental yang digunakan, tetapi hanya produk.
3. Jenis Lembar Jawaban
4. Pembelajaran lain pada saat pengambilan alat tes
5. Pemeriksaan Pengamatan Selama Test
Standar for Educational and Psychological Testing (American Educational Research Assosiation, et. al.. 1985), terdiri dari 180 standar untuk mengevaluasi, mengelola, mencetak, dan menafsirkan tes psikometri dan instrumen lainnya. Lima standar ini berkaitan khusus untuk menguji administrasi dan scoring tercantum dalam. Standar ini menekankan pentingnya prosedur administrasi dan scoring dalam atribut tes dan membuat yakin bahwa arah tes jelas dan dijaga. Adapun Standar-satndar dalam administrasi tes dan scoring (Aiken, 1976: 47), yaitu:
1. Dalam aplikasi khas, administrator tes harus mengikuti dengan seksama prosedur standar untuk spesifikasi administrasi dan skoring oleh penerbit tes. Spesifikasi mengenai instruksi kepada pengambil tes, batas waktu, bentuk penyajian barang atau respon, dan uji materi atau peralatan harus diamati. Pengecualian harus dibuat atas dasar pertimbangan profesional, terutama dalam aplikasi klinis.
2. Lingkungan pengujian harus menjadi salah satu kenyamanan yang wajar dan dengan gangguan minimal. Pengujian harus dibaca dan dimengerti. Dalam pengujian komputerisasi, item yang ditampilkan pada layar harus terbaca dan bebas dari sorotan, dan terminal harus diposisikan secara benar.
3. Upaya yang wajar harus dilakukan untuk menjamin validitas skor tes dengan menghilangkan kesempatan bagi pengambil tes untuk mencapai skor dengan cara-cara curang.
4. Pengguna tes harus melindungi keamanan bahan uji. Mereka yang memiliki materi tes di bawah kendali harus mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa hanya individu dengan kebutuhan yang sah untuk mengakses materi tes dapat memperoleh akses tersebut.
5. Mereka yang bertanggung jawab untuk program pengujian harus memberikan interpretasi yang tepat ketika informasi skor tes diberikan kepada siswa, reinforcement, perwakilan hukum, guru, atau media. Interpretasi harus menjelaskan dalam bahasa yang sederhana yang meliputi tes, apa arti skor, salah tafsir dari nilai tes umum, dan bagaimana nilai akan digunakan. Pengguna harus berkonsultasi mengenai materi interpretatif yang disiapkan oleh pengembang atau penerbit dan harus merevisi atau melengkapi bahan yang diperlukan untuk mewakili lokal dan hasil individu akurat yang jelas.
Seperti kesiapan, uji wiseness, dan motivasi peserta tes dapat mempengaruhi nilai mereka, faktor-faktor yang bervariasi dengan pemeriksa dan situasi juga memiliki pengaruh. keterampilan, kepribadian, dan perilaku pemeriksa, terutama pada tes individu yang dapat mempengaruhi kinerja ujian. Administrator sangat mempengaruhi tes individual harus memiliki lisensi secara formal atau tersertivikasi sesuai agen aatu tersupervisi. Persyaratan tersebut membantu untuk memastikan bahwa proses pemeriksa memiliki pengetahuan yang diperlukan dan keterampilan untuk administrasi, skor, dam interpretasi hasil instrumen psikometrik dari berbagai jenis. Seperti variable, waktu pelaksanaan tes, kondisi lingkungan, temperature, suara, dan ventilasi serta kontribusi dari individu berupa motivasi, konsentrasi, dan performas dari pemeriksa.
Adapun tugas pemeriksa sebelum tes administrasi (Aiken, 1976: 48-51), yaitu:
2. Persetujuan berdasarkan informasi
3. Keakraban dengan tes
5. Meminimalkan kecurangan
Menurut Aiken, (1976: 51-53), terdapat tugas-tugas dari pemeriksa selama peaksanaan tes, yaitu:
2. Tetap waspada
3. Membangun hubungan
4. Mempersiapkan untuk masalah khusus
5. Keluwesan
6. Tes lisan
1. Tes wisenees
2. Mengubah jawaban
Setelah pemberian suatu tes individu, pemeriksa harus mengumpulkan dan mengamankan semua bahan tes. Memeriksa kembali yang harus mengenai performanya, mungkin diberi hadiah kecil dalam kasus seorang anak, dan kembali ke tempat yang tepat. Dalam pengujian klinis, biasanya penting untuk mewawancarai orang tua atau orang lain yang mungkin baik dilakukan sebelum dan sesudah tes. Setelah ujian, beberapa informasi tentang apa yang akan dilakukan dengan hasilnya dapat diberikan kepada terperiksa dan/ atau pihak yang menyertainya.
Oleh:
1.
M. ANDI SETIAWAN (0105512017)
2.
AGUS SUPRIYANTO (0105512039)
ADMINISTRASI
TEST:
DENGAN
PENEKANAN PADA
ASPEK PSIKOLOGI
Setelah
mencapai memilih tes yang paling cocok untuk kegiatan konseling
secara
individu atau
kelompok, kelas, dan di
sekolah. Konselor setidaknya melaksanakan administrasi
tes. Terlepas dari kenyataan bahwa tes yang diberikan
kadang-kadang tidak efektif atau sesuai dengan tujuan yang diharapkan, maka tidak perlu khawatir
akan
tetapi yang terpenting adalah
mekanisme pemberian tes selalu tepat.
Ada hal-hal yang lebih kompleks dan yang memerlukan pertimbangan lebih luas.
Sebagai contoh, bagaimana kecemasan dan ketegangan mempengaruhi performa pada pelaksanaan tes
yang
diberikan kepada siswa/ mahasiswa/ calon pencari kerja. Hal tersebut
dapat
membuat perbedaan yang cukup besar dalam persiapan yang diberikan
kepada seseorang atau kelas, sehingga lebih baik diarahkan untuk
bersantai agar mengurangi ketegangan dan kecemasan.
Sebuah
masalah tambahan adalah masalah berpura-pura atas kepribadian testee.
Banyaknya
masalah dan banyak individu
mendistorsi tanggapannya untuk hasil sesuai dengan dirinya atau bertentangan. Memalsukan
dan mendistorsi
informasi akan sangat penting
dalam kelompok pengujian, contohnya
pada setting sekolah. Karena hasilnya adalah hasil palsu dalam menafsirkan
dan
menyarankan implikasi untuk
administrasi tes.
Hal
lain yang menjadi perhatian untuk menguji testee
adalah efek dari pelatihan
dan praktek. Dengan meningkatnya tekanan
dari orang tua, khususnya sehubungan dengan penerimaan mahasiswa perguruan
tinggi, sekolah telah menerapkan praktek yang dipertanyakan seperti mendirikan
kelompok belajar untuk ujian beasiswa. Kadang-kadang siswa didorong untuk
mengambil les tambahan. Meskipun dalam
beberapa hal ini dilakukan untuk tujuan prediksi, pada kasus lainnya tampaknya
akan ditujukan terutama untuk nilai praktek. Sehingga dapat
mengurangi dan menambah kebermanfaatan hasil tes karena
memberikan latihan khusus dan persiapan untuk tes. Contohnya dari Tes Psikologi
mengenai hasil nilai tes benar-benar
mewakili dalam hal kemampuan yang digunakan oleh individu tertentu untuk
memecahkan masalah, karena hasil skor merupakan isi pribadi dari testee.
Dari hal
tesebut, dapat diketahui bahwa ada hal-hal yang dibahas dalam review ini.
A. Pertimbangan dalam Tes
Dalam penggunaan tes untuk beberapa atau semua tingkat individu harus adanya pertimbangan dalam memilih tes, setelah pelaksanaan, guna pengambilan berbagai uji keterampilan dan pengetahuan dalam mengambil suatu tes. Karena tes mempengaruhi berbagai sikap (aspirasi, harapan keberhasilan atau kegagalan) dan kepentingan, adat, perilaku, dan karakteristik emosional. Banyak faktor-faktor dalam kaitannya dengan tujuan pengujian dan pemilihan tes. Beberapa topik, bagaimanapun, saran pertimbangan di sini. Oleh karena itu, ada beberapa pertimbangan dalam tes, yaitu;
1. Pelatihan (pembinaan) dan praktik
Menurut Goldman (1971:99),
pembinaan dan praktik dalam mengambil tes sangat efektif dalam meningkatkan performa
kepada sejumlah individu dan kelompok yang belum memiliki pengalaman baru-baru
ini dengan subyek tes tertentu. Seringnya kegiatan pelatihan dan praktik dapat
menambahpengalaman dan jam terbang dalam pelaksanaan tes. Oleh karena itu
pelatihan dan praktik adalah hal yang bukan baru dan sering dilaksanakan oleh
individu.
2. Respon Set
Menurut Goldman (1971:102), set respon sebagai
kategori umum yang dapat dipasang kepada beberapa
jenis yang lebih spesifik mengenai perilaku dan
mungkin menawarkan pemahaman baru tentang test psikologi. Suatu set respon adalah kecenderungan untuk mengambil
arah tertentu dalam menjawab pertanyaan tes. Jenis dari set respon adalah
kecenderungan untuk menebak secara bebas atau untuk menebak pada tes kemampuan,
prestasi, atau bakat. Untuk mengurangi set respon yang cukup umum dan mempengaruhi
validitas tes, karena individu belum tentu menjawab pertanyaan tertentu
melainkan menanggapi pertanyaan tanpa pandang bulu, sejauh konten mereka yang
bersangkutan.
3. Menyusun Keinginan Sosial
Menurut Goldman (1971:103), suatu
set respon yang umum terjadi secara menyeluruh pada tes psikologi adalah
kecenderungan menjawab sesuai keinginan sosial, bukan berasal dari pribadinya
sendiri. Hal tersebut akan berdampak pada tes dan hasilnya. Karena itu, upaya
konselor dalam mengatisipasi hal tersebut adalah memberikan pengarahan agar
menjawab sesuai dengan pribadinya, bukan dari orang lain.
4. Menebak
Menurut Goldman (1971:104), suatu
set respon lain dalam menjawab tes psikologi adalah menebak jawaban yang benar,
padahal jawaban itu sesuai dengan pribadi sendiri. Dengan menebak suatu jawaban
akan membuat kerugian dalam hasil dari tes. Hasil dari tes akan membuat
perbedaan dari hasil dan pribadi dari testee. Sehingga membuat tes tidak
maksimal karena unsure manipulasi.
5. Kecepatan
Menurut Goldman (1971:106), kecepatan dalam
menjawab tes akan mempengaruhi tes tersebut. Dengan kecepatan rendah, maka akan
mempengaruhi hasil tes dengan maksimal. Sedaqngan dengan kecepatan rendah, akan
mempengaruhi hasil tes yang kurang maksimal.
6. lmplikasi Uji untuk pengembangan test
Menurut Goldman (1971:105), diantara pengembang
tes, terus menjadi perbedaan pendapat mengenai keinginan untuk mendorong
menebak dan termasuk beberapa jenis koreksi untuk menebak
rumus dalam prosedur penilaian (Cronbach, 1950; Doppelt, 1954; Stanley, 1954).
Cronbach menyarankan bahwa subjek harus diarahkan untuk menjawab semua item,
sehingga membantu untuk mengatasi perbedaan antara berani dan lebih malu-malu.
Untuk melakukan hal ini mungkin akan memerlukan kondisi tes daya, yaitu waktu
yang cukup bagi semua orang untuk mencoba semua item, atau setidaknya untuk
mencoba item cukup bahwa penyisihan waktu lebih lanjut tidak akan meningkatkan
skor.
7. Implikasi bagi Konselor.
Menurut Goldman (1971:106), konselor harus
berlatih, tentu saja, mematuhi petunjuk standar untuk administrasi tes tertentu.
Dia menyarankan counselor untuk menebak atau tidak untuk menebak sesuai dengan
petunjuk di manual (mudah-mudahan, semua manual tes tidak lama setidaknya
menjadi eksplisit untuk yang ini adalah prosedur standar. Demikian pula, tes
harus mencetak sesuai dengan prosedur yang digunakan dalam standarisasi mereka,
dengan menggunakan rumus koreksi jika begitu diarahkan dalam manual. Untuk
menyimpang dari salah satu dari prosedur ini dapat membatalkan uji untuk orang
atau kelompok dan tentu saja membuat tidak tepat untuk menggunakan norma diterbitkan.
Konselor akan menyadari, bagaimanapun, kemungkinan yang mengatur untuk menebak
secara bebas atau tidak untuk menebak secara bebas dapat meningkatkan atau
menurunkan nilai individu pada ujian. Kadang-kadang membantu untuk memeriksa
lembar jawaban untuk kelalaian dan kesalahan, dalam rangka untuk mendapatkan
beberapa ide mengenai jumlah menebak yang telah terjadi. Hasil pemeriksaan ini
maka mungkin terkait dengan apa yang diketahui dari kepribadian konseli. Hal
ini, tentu saja, membantu dalam kasus seperti banyak untuk membahas masalah
dengan klien, baik untuk mencoba untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi
dan untuk membantu peningkatan kesadaran individu.
8. Respon Lainnya
Menurut Goldman (1971:107), set respon
tambahan telah menerima perhatian, tetapi pekerjaan terlalu tersebar memiliki
nilai langsung banyak untuk menguji penggunaanya. Namun, sesekali laporan
pantas untuk diperhatian, membantu konselor dalam pekerjaannya, dan menyediakan
informasi tertentu yang relevan dengan beberapa rencana, keputusan, atau fokus tujuan
lain. Dalam
kasus-kasus di mana persiapan belum memuaskan, dan sampai batas tertentu bahkan
dalam kondisi terbaik, siswa dalam pendekatan tes dengan beberapa persepsi
negatif (sebagai ancaman terhadap konsep diri atau halangan untuk tindakan yang
diinginkan). Hal ini dapat mengakibatkan berbagai tingkat hasil kognitif dan
emosional seperti berpura-pura, kecemasan, dan kurangnya usaha, beberapa di
antaranya akan kita bahas dalam halaman berikut.
B. Persepsi dan Perasaan Tertentu Tentang Test
Menurut Goldman (1971:108), persepsi dan perasaan dari seorang individu atau kelompok tentang tes tertentu dan pengaturan konseling tertentu dimana pengujian dilakukan. Dikecualikan adalah kecenderungan yang telah didiskusikan sebelumnya sebagai respon set, meskipun hal ini jelas tidak mungkin untuk membuat perbedaan keras dan cepat antara dua kategori. Seorang individu, misalnya, yang merasakan tes kecerdasan tertentu sebagai ancaman bagi dirinya, juga dapat membawa individu bertahan. Karakteristik ini akan mendukung set respon seperti kurangnya kecepatan dan keinginan sosial. Meskipun tumpang tindih, ini akan bermanfaat untuk memeriksa secara terpisah persepsi dan perasaan individu dalam kaitannya dengan tes tertentu. Sebagian besar, persepsi yang muncul terhadap uji tertentu memiliki fungsi sebagai proses seleksi test yang dibahas pada bab-bab sebelumnya. Sejauh mana seleksi tes dan konseling yang dilakukan (dalam grup atau individu) telah dilakukan dengan baik, kita harus berharap bahwa tes akan dilihat sebagai bagian penting (Goldman. 1971:109-117), yaitu:
1. Berpura-pura dan Memutar balikkan fakta
Selama beberapa waktu telah mapan yang paling menarik dan persediaan
kepribadian, jika tidak semua bisa palsu dalam arah yang diinginkan. Kegiatan memasulkan dan memutarbalikan fakta akan merugikan hasil tes.
Sehingga akan berpengaruh pada hasil tes. Itu adalah suatu tes yang tidak
sesuai dengan pribadi sebenarnya.
2. Tindakan Pencegahan
Dengan administrasi kelompok adalah kesepakatan bahwa lebih sulit untuk
mengatasi atau mengurangi kecenderungan setiap pemalsuan atau mengubah
tanggapan. Bahkan dengan kelompok, satu dapat mencoba berbagai metode persiapan
untuk pengujian, seperti pertemuan kelompok atau penjelasan tujuan dari tes.
Bahkan dengan tindakan pencegahan ini, hampir setiap kelompok cenderung untuk
mencoba memutar balikkan fakta, secara sadar atau sebaliknya. Konselor yang
bekerja di bawah kondisi-kondisi (seperti dalam program sekolah) harus
berhati-hati dalam menerima profil yang dihasilkan sebagai refleksi akurat
kepentingan, pola perilaku khas, perasaan, atau anggapan dari pengukuran yang
telah dilaksanakan.
3. Peralatan terhadap penyimpangan dan penentangan
Sementara itu, konselor dalam situasi apapun setidaknya mengetahui bahwa beberapa klien enggan atau menolak untuk menggunakan uji untuk memilih instrumen tes yang baik untuk dirinya. Hal tersebut
disebabkan oleh:
a.
Adanya
perentangan dan penyimpangan, seperti pemilihan secara paksa.
b.
Telah dibangun detektor kebohongan seperti skala L
MMPI
Pada titik ini adalah tepat untuk meningkatkan pertanyaan apakah ada
sesuatu yang salah dengan gagasan yang mengukur seseorang yang bertentangan dengan keinginannya, atau
berkonspirasi (bekerjasama) untuk
mengakali kecenderungan akan kesadaran atau ketidaksadarannya untuk menggambarkan citra diri
yang terdistorsi. Ada banyak
situasi di mana konselor merasa bahwa hal tersebut
sesuai etika dan
diinginkan untuk melakukan tes. Hal tersebut berguna untuk penyaringan siswa dari sekolah atau perguruan tinggi. Untuk melakukan konseling dengan orang yang relatif
normal tentang masalah yang relatif normal mungkin akan merasa lebih berharga
untuk mencurahkan energi dan
mengembangkan jenis-jenis hubungan dengan
klien yang akan memaksimalkan sikap keterbukaan dan kejujuran pada alat tes.
4. Kecemasan dan Ketegangan
Setiap pengguna tes dapat melaporkan hasil pengamatan, bahwa ada kecemasan
dan ketegangan yang terkait dengan mengambil tes. Para pengamat melaporkan
banyak tanda gangguan selama pengujian, seperti menggigit kuku, menggigit
pensil, menangis, berbicara kepada diri sendiri, kegembiraan, dan kebisingan.
Namun laporan pengamatan dari beberapa anak-anak ini dalam pengaturan normal mereka
kelas berisi sangat sedikit kasus gangguan sebanding. Meskipun ini sesuatu dari
eksplorasi daripada studi terkontrol, ada setidaknya beberapa dukungan di sini dari
pernyataan bahwa test bisa menjadi pengalaman menjengkelkan bagi anak-anak dan
mengganggu hubungan guru-murid yang ideal.
Ini sama sekali tidak jelas, namun efek dari kecemasan dan ketegangan, dan apakah efek yang tentu merusak. Beberapa orang, setelah semua, merasa cukup yakin bahwa tingkat ketegangan meningkatkan kewaspadaan mereka dan memungkinkan mereka berfungsi pada tingkat yang lebih tinggi daripada ketika mereka lebih santai. Sebelum mencoba merumuskan kesimpulan atau rekomendasi, kita harus meneliti beberapa penelitian yang dilaporkan.
5. Implikasi bagi pengguna Tes
Pada salah satu studi (Sinict,
1956a) dalam Goldman, (1971:115), bahwa efek dari dorongan yang relatif selama
pengujian versus tidak adaya dorongan, maka akan ada perbedaan yang signifikan,
apakah subjek memiliki kecemasan yang rendah, kecemasan tengah, atau kecemasan
yang tinggi. Oleh karena itu, untuk mengetahui bagaimana mempersiapkan kelompok
untuk tes, itu akan diperlukan untuk memahami apa artinya tes untuk setiap
orang dalam kelompok, dan beberapa pengetahuan tentang setiap perilaku dalam
situasi cemas. Satu hal yang tampak jelas adalah kondisi yang terstandar dalam administrasi
tes yaitu tidak menjaminnya respon emosional yang seragam dari semua subjek tes.
6. Usaha dan Motivasi
Hasil lain dari persepsi klien
tes adalah tingkat upaya agar mengeluarkan lebih. Aspek ini terkait dengan
kecemasan agar klien termotivasi untuk melakukannya dengan baik tetapi tidak
begitu banyak sehingga menjadi terlalu tegang. Motivasi dari konselor dapat
membantu klien dalam menenankan diri dalam menghadapi tes. Mungkin ini akan
membantu individu mengetahui kemampuannya pada tingkat keberfungsiannya,
tingkat maksimal dengan upaya besar, dan bahkan tingkat minimal di bawah
kondisi yang ditetapkan (yang disebabkan kurangnya minat atau kelelahan). Hal
tersebut disebabkan karena eksplorasi, serta melalui pengamatan informal dalam
proses tes dan konseling.
C. Apa Yang Terjadi Selama Test
Seharusnya tidak perlu untuk mengulang dan memperingatkan tentang ketaatan ketat kondisi pengujian standar, seperti batas waktu dan arah standar. Pedoman pengujian yang lebih baru telah secara umum lebih memadai daripada banyak anak yang lebih besar dengan menyatakan secara rinci kondisi administrasi tes. Pada khususnya, uji administrator dan pengawas perlu panduan spesifik tentang seberapa jauh masuk menjawab pertanyaan, baik sebelum dan selama uji yang sebenarnya. Ini hanya tidak memadai untuk manual untuk menasihati memberikan penjelasan lebih lanjut dalam kasus-kasus individual bahwa semua siswa memahami apa yang mereka lakukan. Dengan instruksi ambigu seperti itu, kita bisa mengharapkan variasi antara pemeriksa dalam penjelasan yang sebenarnya, beberapa yang lebih "membantu" daripada yang lain.
Ini masalah memberikan administrasi proper test kurang serius dimana konselor terlatih dan psychometrists melakukan pengujian daripada di banyak program pengujian institusi dimana umum untuk guru kelas (di sekolah) dan pegawai (dalam industri, angkatan bersenjata, dan tempat-tempat lain) untuk menjadi administrator. Tanggung jawab ada dua untuk penulis pengujian dan editor untuk memberikan arah sebagai secara eksplisit dan jelas mungkin, dan untuk fersons bertanggung jawab di sekolah atau instansi untuk memilih administrator menguji hati-hati dan memberi mereka pelatihan yang tepat dan pengawasan. Jika ini memperingatkan tidak diamati, kita harus menghadapi kelanjutan dari keadaan sekarang, salah satu hasil yang adalah bahwa kita dipaksa untuk meragukan keakuratan nilai tes diberikan oleh banyak sekolah dan lembaga lain, karena tidak ada jaminan cukup standar minimum administrasi uji telah diamati.
1. Pemeriksaan dan Situasi Psikologis
Menurut Goldman (1971:120), sehubungan dengan
topik yang
dibahas, komentar singkat adalah dalam rangka mengenai kurangnya perhatian
disajikan dalam pengujian bimbingan dengan kemungkinan efek pemeriksa
dan situasi psikologis di mana tes diambil. Psikolog klinis telah menjadi sadar
akan fakta bahwa satu set tanggapan untuk tes individual diberikan kecerdasan
atau tes kepribadian proyektif dapat secara memadai hanya ditafsirkan dalam
terang pengaturan psikologis di mana pengujian dilakukan. Pengaturan mencakup
pemeriksa dan perilakunya dan bagaimana keduanya dirasakan oleh masing-masing
sasaran pengujian-baik sebagai ancaman atau pendukung atau merangsang individu,
sebagai seseorang yang melawan, seseorang yang senang, atau seseorang yang
tidak banyak peduli dan lainnya.
2. Proses Penyelesaian Masalah
Menurut Goldman (1971:122), sebuah skor
tes bercerita sedikit tentang proses mental dimana itu tercapai. Contoh: Dua anak laki-laki, Paul dan Robert, keduanya mengambil tes ini dan
mendapatkan skor identik-untuk membuat titik kita, marilah kita bahkan menganggap
bahwa mereka mendapat barang yang sama persis benar dan yang salah (dan duduk
di bagian yang berbeda dari rooml itu). Mungkin disimpulkan bahwa mereka
memiliki kemampuan yang sama dalam visualisasi spasial dari jenis yang disadap
oleh tes ini. Namun jika kita bisa membuat mereka untuk berpikir keras saat
mereka mengambil tes, kami mungkin menemukan bahwa mereka memecahkan masalah
identik dengan cara yang berbeda. Sebagai contoh, pemikiran mereka-outloud
dalam menanggapi item direproduksi pada.
Kedua anak laki-laki tiba di jawaban yang benar, tetapi melalui metode yang berbeda, Paulus telah menggunakan lebih hampir "murni" metode visualisasi, rupanya membandingkan bentuk dan ukuran dalam sebuah cara visual cukup langsung. Robert digunakan verbalisasi lebih, pertama mengidentifikasi setiap bagian dibongkar dan kategorisasi, kemudian mencari bagian yang cocok dengan label-label, ia dapat melakukan hal ini sebagian besar dengan kata-kata bukan dengan membandingkan gambar langsung sebagai Paulus tampaknya telah dilakukan. Meskipun skor mereka yang mengakibatkan mungkin sama, kedua anak laki-laki dapat berfungsi cukup berbeda dalam program sekolah atau pekerjaan yang meliputi kegiatan visualisasi. Sebagai contoh, Paulus mungkin akan belajar lebih cepat dan lebih efektif melalui metode visual, dimana Robert bisa diharapkan untuk belajar lebih baik dari penjelasan verbal, apakah dia membaca mereka atau mendengarkan mereka. Tentu saja, dalam situasi tertentu yang melibatkan masalah visualisasi, mereka mungkin berakhir seperti belajar cepat dan lunction mungkin sama baiknya, masing-masing menggunakan pendekatan sendiri pilihan. Dalam hal itu, prediksi yang sama akan dibuat untuk baik dari nilai kasar yang sama pada tes. Namun, sejauh bahwa mereka akan berfungsi secara berbeda dalam situasi tertentu, satu belajar lebih cepat daripada yang lain, satu belajar lebih banyak daripada yang lain, sejauh itu akan menjadi kesalahan untuk membuat prediksi yang sama hanya karena mereka kebetulan memiliki sama skor pada tes. Namun, seseorang tidak memiliki pilihan lain kecuali untuk membuat interpretasi yang sama untuk kedua, karena skor tersebut tidak mencerminkan proses mental yang digunakan, tetapi hanya produk.
3. Jenis Lembar Jawaban
Menurut Goldman (1971:125), dalam
beberapa alat tes, terdapat beberapa pilihan dalam lembar jawaban. Beberapa
lembar jawaban disesuaikan dengan alat tes. Lembar jawaban juga memiliki norma, validitas, dan realibilitas
dalam pembuatan alat tes dan lembar jawaban dari alat tes, seperti.
a.
Butir jawaban
b.
Belajar mandiri dari alat
penskoran yang instruksional
4. Pembelajaran lain pada saat pengambilan alat tes
Menurut Goldman (1971:126), pembuatan
rencana dan partisipasi klien dalam program testing itu sangat perlu karena
disesuaikan dengan kebutuhan klien. Konselor juga memfasilitasi dalam
komunikasi mengenai alat tes dan keberfungsian alat tes mengenai dirinya. Informasi
tersebut merupakan salah satu fungsi pemahaman sehingga mengetahui kesadaran
klien menganai keberfungsian alat tes. Konselor membuat pilihan minat akan alat
tes sesuai dengan konsep dirinya dan kebutuhan klien sehingga alat tes tersebut
berguna sebagai alat assessment
konselor.
5. Pemeriksaan Pengamatan Selama Test
Menurut Goldman (1971:127), Seperti kita
simpulkan diskusi kita tentang topik ini, hanya menyebutkan singkat harus
diperlukan pengamatan yang dapat dilakukan oleh pemeriksa tentang tes untuk
individu atau kelompok. Staf pusat konseling di Universitas Maryland menyiapkan
garis besar berguna berikut uji perilaku yang mungkin dicatat oleh penguji
(Berenson et al, 1960.). Mereka melaporkan bukti bahwa ada interjudge keandalan
dan beberapa derajat validitas.
a.
Penampilan fisik: hiperaktif, postur, kerapian, kekumuhan,
cacat fisik.
b.
Verbal karakteristik: pitdr, volume, aksen, rintangan,
langka, banyak bicara, kosakata
c.
perilaku Test: ujian kebingungan, uncooperativ,
attenriven.
d.
sosial. perilaku: apatis, permusuhan, keramahan,
mencari perhatian, depresi, kecurigaan, ketegasan, ketakutan.
D. Standar
Administrasi Tes dan Skoring
Standar for Educational and Psychological Testing (American Educational Research Assosiation, et. al.. 1985), terdiri dari 180 standar untuk mengevaluasi, mengelola, mencetak, dan menafsirkan tes psikometri dan instrumen lainnya. Lima standar ini berkaitan khusus untuk menguji administrasi dan scoring tercantum dalam. Standar ini menekankan pentingnya prosedur administrasi dan scoring dalam atribut tes dan membuat yakin bahwa arah tes jelas dan dijaga. Adapun Standar-satndar dalam administrasi tes dan scoring (Aiken, 1976: 47), yaitu:
1. Dalam aplikasi khas, administrator tes harus mengikuti dengan seksama prosedur standar untuk spesifikasi administrasi dan skoring oleh penerbit tes. Spesifikasi mengenai instruksi kepada pengambil tes, batas waktu, bentuk penyajian barang atau respon, dan uji materi atau peralatan harus diamati. Pengecualian harus dibuat atas dasar pertimbangan profesional, terutama dalam aplikasi klinis.
2. Lingkungan pengujian harus menjadi salah satu kenyamanan yang wajar dan dengan gangguan minimal. Pengujian harus dibaca dan dimengerti. Dalam pengujian komputerisasi, item yang ditampilkan pada layar harus terbaca dan bebas dari sorotan, dan terminal harus diposisikan secara benar.
3. Upaya yang wajar harus dilakukan untuk menjamin validitas skor tes dengan menghilangkan kesempatan bagi pengambil tes untuk mencapai skor dengan cara-cara curang.
4. Pengguna tes harus melindungi keamanan bahan uji. Mereka yang memiliki materi tes di bawah kendali harus mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa hanya individu dengan kebutuhan yang sah untuk mengakses materi tes dapat memperoleh akses tersebut.
5. Mereka yang bertanggung jawab untuk program pengujian harus memberikan interpretasi yang tepat ketika informasi skor tes diberikan kepada siswa, reinforcement, perwakilan hukum, guru, atau media. Interpretasi harus menjelaskan dalam bahasa yang sederhana yang meliputi tes, apa arti skor, salah tafsir dari nilai tes umum, dan bagaimana nilai akan digunakan. Pengguna harus berkonsultasi mengenai materi interpretatif yang disiapkan oleh pengembang atau penerbit dan harus merevisi atau melengkapi bahan yang diperlukan untuk mewakili lokal dan hasil individu akurat yang jelas.
Prosedur yang
harus diikuti dalam pemberian tes tergantung pada jenis tes (individul atau
kelompok, atau timed, non timed, kognitif atau afektif), serta karakteristik
peserta ujian (usia kronologis, pendidikan, latar belakang budaya, status fisik
dan mental). Apapun jenis pengujian dan jenis orang yang memakainya,
faktor-faktor seperti sejauh mana peserta ujian disusun dan tingkat motivasi,
kecemasan, kelelahan, dan kesehatan juga dapat mempengaruhi kinerja.
Seperti kesiapan, uji wiseness, dan motivasi peserta tes dapat mempengaruhi nilai mereka, faktor-faktor yang bervariasi dengan pemeriksa dan situasi juga memiliki pengaruh. keterampilan, kepribadian, dan perilaku pemeriksa, terutama pada tes individu yang dapat mempengaruhi kinerja ujian. Administrator sangat mempengaruhi tes individual harus memiliki lisensi secara formal atau tersertivikasi sesuai agen aatu tersupervisi. Persyaratan tersebut membantu untuk memastikan bahwa proses pemeriksa memiliki pengetahuan yang diperlukan dan keterampilan untuk administrasi, skor, dam interpretasi hasil instrumen psikometrik dari berbagai jenis. Seperti variable, waktu pelaksanaan tes, kondisi lingkungan, temperature, suara, dan ventilasi serta kontribusi dari individu berupa motivasi, konsentrasi, dan performas dari pemeriksa.
Adapun tugas pemeriksa sebelum tes administrasi (Aiken, 1976: 48-51), yaitu:
1.
Jadwal
tes
Jadwal tes
disusun oleh tester atau penguji tes sesuai dengan aktivitas dan waktu yang
telah tersusun. Jika dilaksanakan untuk siswa di sekolah, jangan dilaksanakan
saat waktu makan, waktu bermain, waktu istirahat, dan aktivitas yang mengganggu
siswa saat pembelajaran di sekolah. Pelaksanaan tes dilakukan saat siswa merasa
nyaman atau setelah liburan. Tes yang dilakukan memiliki waktu yang telah
ditentukan, seperti 1 jam untuk siswa sekolah menengah atas, 1 ½ jam untuk
siswa sekolah menengah, dan 30 menit untuk sekolah dasar yang disesuaikan
dengan tiap-tiap sesi dalam tes. Dalam pelaksanaan tes, adanya suatu perhatian
kepada siswa dalam pemberian informasi pada tiap-tiap sesi.
2. Persetujuan berdasarkan informasi
Banyak Negara
dalam administrasi tes intelegensi atau intrumens tes psikologi dalam
diagnostik kepada anak harus sesuai dengan persetujuan kepada keluarga, wali,
atau orang lain yang bertanggung jawab secara hukum atas anak. Informasi yang
diberikan harus sesuai dengan persetujuan dari agen, secara professional dan
orang tertentu atau perwakilan hukumnya. Izin dari perjanjian diberikan untuk
melakukan tes psikologis untuk orang dan/ atau untuk mendapatkan informasi lain
untuk tujuan evaluatif atau diagnosis.
3. Keakraban dengan tes
Penguji atau tester
harus memahami dan mengenal secara jelasalat tes yang digunakan. Sehingga tidak
terjadi mal praktik. Tester jelas mengenal isi dan prosedur administrasi tes. Jarang
sekali orang yang mengadmnistrasi tes yang terstandar dapat mengkontruksi alat
tes.administrator dapat mengenal alat tes, adminsitrasi tes, dan konten tes.
Sehingga prosedur tes dapat digunakan secara maksimal sesuai dengan tes dan
prosedur masalah dari administrasi tes.
4.
Menjamin
kondisi pengujian yang memuaskan
Tester harus
memastikan bahwa seting tempat, variabel, waktu pelaksanaan tes, kondisi
lingkungan, temperature, suara, dan ventilasi serta kondisi psikologi individu
berupa motivasi, konsentrasi, dan performas harus diperhatikan.kualitas ruangan
perlu dijaga sehingga dapat mempengaruhi individu. Didalam ruangan perlu adanya
fasilitas yang perlu ada selama pelaksanaan tes.
5. Meminimalkan kecurangan
Tester harus cukup terlatih dengan menyadari kebutuhan akan
keamanan tes, sebelum dan sesudah administrasi tes, serta menerima tanggung
jawab. Sebelum pelaksanaan tes, tester harus meminimalkan kecurangan dengan prosedur
tersusun. Dengan prosedur yang tersusun, akan meminimalkan kecurangan selama
pelaksanaan tes. Kemudian juga persiapan dari banyaknya pilihan jawaban yang
ada dalam tes, distibusi alat tes, pilihan pertanyaan yang disesuaikan dengan
tes.
E. Tugas
Pemeriksa Selama Tes
Menurut Aiken, (1976: 51-53), terdapat tugas-tugas dari pemeriksa selama peaksanaan tes, yaitu:
1.
Mengikuti
petunjuk uji
Perhatikan
persiapan mengenai petunjuk tes merupakan hal yang penting. Pembacaan petunjuk
dilakukan dengan nada pelan dan jelassehingga pemberian informasi dapat
tersalurkan kepada peserta tes. Jika adanya kesalahan, segera mengklarifikasi
petunjuk dengan petunjuk yang benar. Jika ada pertanyaan dari peserta, segera
jelaskan sehingga tidak mengganggu pelaksanaan tes. Tester hendaknya mengikuti
standar yang telah disusun dalam administrasi tes dalam cara menjawab, cara
membaca pertanyaan, dan melaksanakan tes.
2. Tetap waspada
Ketika
administrasi tes kelompok, harus mengikuti stradar yang berlaku dan standar
yang tidak berlaku sehingga mewasdai kecurangan yang terjadi dalam menjawab
pilihan jawaban. Membuat pesan kepada guru, wali kelas, dan orang yang terkai
adalah hal terpenting, karena tes merupakan potensi dalam diri. Informasi
tersebut harus sampai kepada siswa atau peserta tes sehingga menghindari
kecurangan. Atau menulis di papan nulis akan pesan-pesan penting dalam
pelaksanaan tes.
3. Membangun hubungan
Membangaun
hubungan baik terhadap peserta tes secara individu dan kelompok merupakan hal
penting pula. Hubungan baik akan memberikan motivasi dan perilaku selama
pelaksanaan tes. Suatuwaktu juga diperlukan senyum agar mengurangi kecemasan
dan tidak cukup persiapan dari peserta tes sehingga peserta tes dapat
melaksanakan tes dengan tenang, berusaha keras, dan dapat melakukan. Hal
tersebut dapat memotivasi, distractibility
dan stres yang lebih mungkin untuk dideteksi ketika pengadministrasian tes
individu.
4. Mempersiapkan untuk masalah khusus
Dalam beberapa
keadaan, tester harus sangat aktif dan sebagai pendorong. Dengan menciptakan situasi
tes dari sejumlah ketegangan pada semua orang, dan kadang-kadang selama
pelaksanaan tes menjadi cemas. Tes pada orang yang sangat muda dan sangat tua,
gangguan mental atau keterbelakangan mental, cacat fisik atau orang yang kurang
beruntung atau budaya khusus. Pada situasi tertentu pertanyaan, dan jawaban
yang di;ontarkan kepada klien sebagai bahan, waspada, dan keluwesan selama
pelaksanaan tes.
5. Keluwesan
Keluwesan selalu
menjadi daktor eksternal dalam administrasi yang terstandar atau tidak
terstandar pada instrument tes, yaitu:
a.
Menyediakan
waktu yang cukup bagi peserta ujian untuk menanggapi materi tes
b.
Memungkinkan
praktek yang memadai pada item sampel
c.
Menggunakan
periode pengujian yang relatif singkat
d.
Melihat
kelelahan, kecemasan dan membawa ke account
e.
Menyadari
dan membuat ketentuan untuk visual, pendengaran, dan indera lainnya.
f.
Mempekerjakan
dorongan dan penguatan positif
g.
Jangan
mencoba untuk memaksa peserta ujian untuk merespon ketika mereka berulang kali
menolak untuk melakukannya
6. Tes lisan
Siswa sering
menganggap ujian lisan dengan perasaan yang campur aduk dan sering menimbulkan
keraguan. Konsekuensinya, usaha untuk menenangkan kekhawatiran dan memberikan
metode pengujian alternatif bagi mereka yang menjadi emosional dan bingung
dalam situasi pengujian lisan dapat meningkatkan efektifitas jenis-jenis tes
F. Mengerjakan
Tes
1. Tes wisenees
Test wiseness
muncul dari efek praktek mengambil banyak tes dan ini mungkin memberikan
keuntungan untuk yang berpengalaman. Kadang-kadang orang dapat menyelenggarakan
pembinaan tes untuk mendapatkan keuntungan.
2. Mengubah jawaban
Hal yang dapat
dilakukan peserta tes adalah mengubah jawaban, karena mereka merasa bahwa jawabannya
salah dan ingin merubah ke jawaban yang benar. Kadang pula dengan melihat
jawaban orang lain karena kurangnya motivasi akan jawabannya sendiri. Kadang
pula dipengaruhi karena kekurang siapan dari peserta tes.
3.
Menebak
Suatu set respon lain dalam
menjawab tes psikologi adalah menebak jawaban yang benar, padahal jawaban itu
sesuai dengan pribadi sendiri. Dengan menebak suatu jawaban akan membuat
kerugian dalam hasil dari tes. Hasil dari tes akan membuat perbedaan dari hasil
dan pribadi dari testee. Sehingga membuat tes tidak maksimal karena unsure
manipulasi (Aiken, 1976:
53-54).
G. Tugas
Pemerika Setelah Tes
Setelah pemberian suatu tes individu, pemeriksa harus mengumpulkan dan mengamankan semua bahan tes. Memeriksa kembali yang harus mengenai performanya, mungkin diberi hadiah kecil dalam kasus seorang anak, dan kembali ke tempat yang tepat. Dalam pengujian klinis, biasanya penting untuk mewawancarai orang tua atau orang lain yang mungkin baik dilakukan sebelum dan sesudah tes. Setelah ujian, beberapa informasi tentang apa yang akan dilakukan dengan hasilnya dapat diberikan kepada terperiksa dan/ atau pihak yang menyertainya.
H. Skor
Tes
1.
Mencetak
tes esai
2.
Mencetak
tes objektif
3.
Kesalahan
skor manusia
4.
Mencetak
bobot pilihan ganda dan pilihan palsu yang benar
5.
Mencetak
item rangking
6.
Koreksi
untuk menebak
7.
Skor
dikonversi
8.
Skor
tes lisan
9.
Evaluasi
skor dan grading
DAFTAR PUSTAKA
Aiken, Lewis R. 1976. Psichological Testing And Assessment. America:CIP
Goldman, Leo. 1971.
Using Test In Counseling. New York: Meredith Corporation
Post a Comment for "ADMINISTRASI TEST: DENGAN PENEKANAN PADA ASPEK PSIKOLOGI"
Penulis
Pendidikan
1. S1 BK (STKIPMPL)
2. S2 BK (Unnes)