LAPORAN PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU



LAPORAN PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU


1.            Nama Konselee                                      : ABC
2.            Kelas                                                      : XI.IS.2
3.            Rumusan Masalah                       : Bingung mengambil keputusan setelah lulus sekolah
4.            Rumusan Tujuan (kompetensi dasar)     :
 4.1. Konselee mampu mengambil keputusan tanda menunda-nunda.
4.2. Konselee dapat menyadari bahwa dalam mengambil keputusan sesuai                     dengan pilihannya tanpa adanya paksaan dari pihak lain.
4.3. Menumbuhkan kesadaran konselee untuk hidup lebih terarah.
5.      Pendekatan yang digunakan                  : Client Centered Terapy
6.      Pelaksanaan Konseling                          :
a.       Membuka konseling (5 menit)
v  Menyambut, memberi salam, menyebut nama konselee, menanyakan kabar kesehatan, lalu mempersilahkan konselee untuk duduk.
v  Memulai pembicaraan yang bersifat netral.
v  Pemindahan topic netral kea rah topic awal konseling dengan pertanyaan pembuka.
b.      Melaksanakan konseling (35 menit)
v  Konselee menceritakan masalahnya dengan sukarela tanpa paksaan.
v  Merespon cerita konselee dan mulai merumuskan bantuan.
v  Memotivasi konselee untuk mengungkapkan perasaannya secara lebih bebas dan lebih terbuka.
v  Menciptakan suasana yang akrab dan hangat, sehingga konselee leluasa untuk menceritakan masalahnya.
v  Konselor mendengarkan cerita konselee dan menenangkan perasaan-perasaan konselee yang negative.
v  Menerima dan mengidentifikasikan masalah konselee serta membantu menemukan penyebabnya lalu mengarahkan konselee untuk mengambil keputusan.
v  Memantapkan konselee dengan keputusannya tersebut.
v  Memberikan keyakinan kemampuan konselee sehingga tidak ketergantungan dengan konselor.
c.       Mengakhiri konseling (5 menit)
v  Memberitahukan kepada konselee bahwa proses konseling sudah hampir selesai.
v  Konselor membuat kesimpulan atas pelaksanaan konseling pada sesi ini.
v  Konselee menetapkan langkah-langkah yang akan ia lakukan agar konselee bisa lebih rajin untuk berangkat ke sekolah.
7.            Rencana evaluasi hasil konseling (waktu dan tempat)
a.       Setelah Satu minggu setelah di adakannya proses konseling, konselor akan memanggil konselee untuk menanyakan keadaannya
8.            Instrumen evaluasi
         Pedoman observasi sikap konselee.


                                                                              Pringsewu, 11 Maret 2011
     Guru Pamong,                                                                 Praktikan,

     Dra. Siti Nurjanah                                                        Isni Dhanianto
      NIP. 19650601 199403 2 005                                       NPM. 08020197


                                                          Mengetahui,
                                        Kepala SMA Negeri 1 Pringsewu

                                        Drs. Hi. Samsir Kasim, M.Pd.I
                                        NIP. 19630824 199003 1 004
Share This Article
Komentar Anda

ingin mengenal admin?
kunjungi blog pribadi saya di
http://isnidhanianto.blogspot.com