Pandangan Teori Kognitif Sosial terhadap Perkembangan Konseling Karir
Dalam banyak cara proses pengembangan karir dan literatur yang ditujukan untuk pemahaman yang mirip puzzle raksasa. termasuk potongan teka-teki seperti bawaan genetis, sumber daya lingkungan dan hambatan, pengalaman belajar, minat, kemampuan, nilai, kepribadian, tujuan, pilihan, kepuasan, kinerja, perubahan (atau perkembangan) dari waktu ke waktu, dan beberapa transisi, seperti sekolah- ke -kerja dan pensiun. Mereka yang terpesona oleh teka-teki ini tidak memiliki kesulitan untuk mengidentifikasi dan mempelajari bagian-bagian individu. Tantangan terbesar, karena dengan semua teka-teki jigsaw, terletak pada bagian yang berbeda yang cocok dengan bersama-sama untuk membentuk suatu gambar yang koheren. Tapi di sini adalah dimana analogi jigsaw berjalan ke dalam kesulitan. teka-teki Jigsaw per se hanya perlu mencapai kesatuan estetika, dan mereka hanya dapat memiliki solusi tunggal. Potongan cocok sama untuk menciptakan sebuah gambar statis yang menyenangkan untuk mata. Karier teori, sebaliknya, berurusan dengan gambar bergerak.
Mereka harus membuat kerangka kerja untuk pemahaman yang kompleks dan dinamis (yaitu, perubahan), serta relatif stabil, aspek perilaku manusia. Mereka perlu memasang banyak unsur pengembangan karir puzzle menjadi perkembangan logis (atau cerita yang masuk akal), yang bukan versi satunya yang mungkin. Mereka harus mampu mengatur yang sudah adapengetahuan dan menghasilkan pengetahuan baru tentang bagaimana orang hidup pekerjaan mereka hidup. Dan, biasanya, kami mengharapkan mereka untuk membiakkan intervensi yang akan membantu mempromosikan karier dan hasil yang optimal hidup bagi sebanyak mungkin orang.
Teori Kognitif Sosial Karir (SCCT; Lent, Brown, & Hackett, 1994) adalah pendekatan baru untuk memahami teka-teki karir. Hal ini dimaksudkan untuk menawarkan pemersatu kerangka kerja untuk menyatukan potongan umum, atau unsur-unsur, yang sebelumnya diidentifikasi oleh teoretisi karir, seperti Super, Holland, Krumboltz, dan Lofquist dan Dawis-dan mengatur mereka dalam sebuah novel render bagaimana orang (1) mengembangkan kepentingan kejuruan, (2) membuat (dan membuat kembali) pilihan pekerjaan, dan (3) mencapai berbagai tingkat keberhasilan dan stabilitas karir.
Landasan utama untuk pendekatan ini terletak di teori kognitif sosial,Bandura (1986) yang umum yang menekankan cara kompleks di mana perilaku dan lingkungan saling mempengaruhi satu sama lain. Mengambil isyarat dari teori Bandura's, SCCT menyoroti kapasitas orang untuk mengarahkan perilaku karier mereka sendiri tapi juga mengakui pengaruh lingkungan (misalnya, hambatan dan dukungan sociostructural, budaya, cacat status) yang berfungsi untuk memperkuat, memperlemah, atau, dalam beberapa kasus, bahkan mengesampingkan manusia dalam pengembangan karir.
MODEL DAN UNSUR DASAR TEORI KOGNITIF SOSIAL KARIR
Bagian ini menyajikan unsur-unsur dasar SCCT, bersama dengan penjelasan tentang bagaimana mereka cocok bersama-sama dengan variabel lain untuk membentuk model teoritis akademis dan minat karir, pilihan karier, dan kinerja,
Solusi Atas Teka-teki Karier
Model karir Trait-faktor (atau orang-lingkungan, sesuai), sebagaimana dicontohkan oleh tipologi Holland (lihat Spokane & Cruza, Guet, Bab 2, volume ini) dan teori penyesuaian pekerjaan (Dawis, Bab 1, volume ini),cenderungmelihat orang dan lingkungan kerja mereka dalam hal trait-berorientasi, menekankan atribut yang relatif global, konstan, dan di waktu dan situas abadi. Ciri model mengasumsikan bahwa banyak dari apa yang mendorong perilaku karier didasarkan pada kecenderungan-seperti minat, kemampuan, nilai, dan disposisi kepribadian-yang sebagian besar dibentuk oleh bawaan genetis dan pengalaman belajar awal.
Model ini telah memberikan kontribusi untuk memahami perilaku karir dan konseling karir dengan menggarisbawahi fitur orang-orang yang relatif stabil dan lingkungan, jika tepat cocok, cenderung menyebabkan memuaskan (dari perspektif orang) dan memuaskan (dari perspektif lingkungan) liat teori perkembangan karir (lihat Savickas, Bab 3, dan Gottfredson, Bab 4, volume ini) cenderung fokus pada tantangan lebih atau kurang dapat diprediksi bahwa wajah orang dalam perjalanan ke dan melalui dewasa-tantangan (seperti belajar tentang diri mereka sendiri, menjelajahi dunia kerja, mengembangkan identitas kejuruan, mempersempit pilihan karir dari kemungkinan dana yang lebih besar, memilih karier, dan menyesuaikan untuk bekerja) yang memungkinkan mereka untuk mengambil dan (diharapkan) tumbuh subur di peran pekerja. teori perkembangan tertentu juga prihatin dengan bagaimana peran pekerja berkaitan dengan peran kehidupan lainnya (misalnya, orang tua, leisurite), bagaimana faktor-faktor kontekstual (Misalnya, status sosial ekonomi) terhadap lintasan karir, dan-dalam kasus Savickas's muncul perspektif perkembangan -bagaimana orang membantu untuk membangun, atau menulis karir mereka sendiri, kisah hidup / dan pengalaman.
Teori Kognitif Sosial Karir sama dalam fitur dan tujuan tertentu dengan perkembangan perspektif traitfactor, namun juga relatif berbeda pada beberapa hal. Misalnya, seperti teori trait-faktor, SCCT mengakui pentingnya peran yang minat, kemampuan, dan nilai-nilai bermain dalam proses pengembangan karir. Seiring dengan perkembangan teori, SCCT fokus pada bagaimana orang bernegosiasi tonggak perkembangan tertentu (misalnya, pilihan karier) dan rintangan (misalnya, pilihan dieliminasi secara prematur) yang memiliki bantalan yang penting pada masa depan karir mereka. Pada tingkat yang paling umum, ketiga perspektif (trait-faktor, perkembangansosial kognitif) prihatin dengan prediksi, pemahaman, dan optimasi pengembangan karir. Mereka hanya menekankan proses dan prediksi agak berbeda, atau teoretis mekanisme-perbedaan yang mungkin terbukti lebih komplementer dan bridgeable dan dapat didamaikan (Prapaskah & Savickas, 1994).
Post a Comment for "Teori Kognitif Sosial"
Penulis
Pendidikan
1. S1 BK (STKIPMPL)
2. S2 BK (Unnes)