UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING)

ABSTRAK

UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS VIIID DI SMP N 3 MANISRENGGO ABSTRAK

Oleh: Iis Kukuh Prasetyo
 NIM. 05104244026

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIIID di SMP N 3 Manisrenggo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis dan Taggart. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan siklus II untuk mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan oleh peneliti. Pengambilan subyek melalui teknik purposive subject . Subyek penelitian ini adalah kelas VIIID di SMP N 3 Manisrenggo . Dengan pertimbangan subyek memiliki permasalahan yang sama dalam kepercayaan diri. Jenis tindakan yang dilakukan penerapan metode bermain peran. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga instrumen yaitu Skala kepercayaan diri, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIIID di SMP N 3 Manisrenggo. 

Pemberian bermain peran (role playing) pada siklus I dilaksanakan empat tindakan dan siklus II dilaksanakan yang sama hanya saja tingkat kesulitan ditambah. Metode bermain peran dapat membangun rasa percaya diri, rasa percaya terhadap teman dan interaksi antar subyek, menimbulkan kepercayaan diri dalam bermain peran. Dengan cara pemberian bermain peran (role playing) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan 7 tindakan. Dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata skor skala kepercayaan diri sebelum dilakukan tindakan adalah 101,8 pada siklus I meningkat menjadi 113,1 dan siklus II menjadi 148,8. Dengan cara pemberian bermain peran (role playing) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan 7 tindakan . Hasil tersebut juga diperkuat dengan hasil wawancara dan observasi terhadap subyek yang menunjukkan adanya perilaku meningkat dalam kepercayaan diri meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIIID di SMP N 3 Manisrenggo. Kata kunci : bermain peran, kepercayaan diri, penelitian tindakan kelas. 


SHARE THIS

Author:

Pendidikan : S1 BK, S2 BK. Pekerjaan : Dosen STMIK Pringsewu, Dosen Tamu BKI FDIK UIN Lampung. Keahlian : Model-model Konseling, BK Komprehensif, Konseling kelompok, Statistik Sosial

Previous Post
Next Post
September 2, 2016 at 2:05 PM

Kak bisa minta file lengkapnya buat di jadiin rujukan skripsi saya?

Reply
avatar
September 2, 2016 at 2:05 PM

Assalamalaikum maaf kak bisa minta soft file nya tiak buat dijadiin rujukan skripsi saya

Reply
avatar