contoh skenario Konseling Individu

BIMBINGAN DAN KONSELING
KONSELING PRIBADI
Nama Konseli         :……………………………………
Kelas                          :………….
Tempat                      :……………………………….
Hari/Tanggal            :……………………………………

Skenario Konseling
Konselor                   :(lagi di depan pintu hendak keluar,melihat seorang siswa
                                      berdiri diam didepan pintu masuk ruang BK,lantas….).
                                    Kamu Siska kan? Kok berdiri disini,apa ada perlu sama Ibu?
Konseli                      :Iya Bu,sebenarnya saya mau jumpa Ibu,tapi saya malu.
Konselor                   :Mau jumpa Ibu?Ayo masuk….(sambil menuntun siswa  
                                    masuk). silakan duduk! Ada yang biasa Ibu bantu?
Konseli                      :Iya  Bu,…..saya lagi……
Konselor                   :lagi apa..?!?!? sama Ibu kok malu-malu.
Konseli                      :Begini Bu….!saya lagi bingung!
Konselor                   :Bingung……?Iya..ya..coba !kamu cerita ke Ibu.
Konseli                      :…………!?!?!?
 Konselor                  :Ayo,.katanya mau jumpa Ibu?
Konseli                      :Saya dituduh Bu!
Konselor                   :di tuduh?....maksudnya?
Konseli                      :Saya di tuduh pemakai Bu.
Konseli                      :Ibu kurang jelas,bisa kamu ceritakan sama Ibu apa yang sebenarnya terjadi?
Konselor                   :Persisnya begini Bu!
Konseli                      :Hari senin lalu,belum habis upacara bendera,karena saya sangat      lemas,saya pergi ke kamar mandi.Perut saya sakit sekali.
Konselor                   :Ya,lalu?
Konseli                      :Buk Tumorang yang kebetulan mengawasi siswa di barisan,jalan kebelakang dan menjumpai saya ada di kamar mandi.Dia langsung memeriksa saya.Di kantong saya ia temukan pil yang bentuknya bulat agak besar.Lantas dia bilang,”siska ! kamu pasti nge pil, ngaku”
Konselor                   :Siska jawab apa?
Konseli                      :Saya jawab “nggak buk itu obat saya,mana mungkin saya nge pil” Tapi Buk Tumorang terus ngotot.Katanya,”Kalau  kamu nggak ngaku,saya lapor polisi” gitu katanya Bu.
Konselor                   :Sis, kalau kamu tidak keberatan,Ibu boleh tau?
                                     Memang obat itu obat apa? Maaf ya! Ibu tidak curiga sama kamu.Tidak!sama sekali tidak.
Konseli                      :Saya juga kurang tau Bu.Saya baru di kasi ayah tadi pagi sebelum   berangkat ke sekolah.Kata Ayah” Sis,perut kamu kan sakit,kamu perlu obat ini.Nanti kira-kira jam 10,kamu makan ya!.cuma itu Bu.
Konselor                   :Ya,,ya,Ibu bisa mengerti,tentu masalah ini yang menjadi beban fikiran kamu.Apa benar begitu?
Konseli                      :Iya Bu,saya sedih dan juga bingung.
Konselor                   :Siapapun yang mengalaminya,pasti akan sama seperti kamu.
Konseli                      :Iya Bu,saya harus bagaimana?
Konselor                   :Boleh Ibu tahu,Ayahnya siska kerja dimana?
Konseli                      :Jangan Bu,Ayah saya jangan dipanggil.Ayah saya kerjanya di Kantor Departemen Agama.Kalau dia nanti dipanggil ke sekolah,nanti dia malu.
Konselor                   :Kamu salah sangka nak,Ibu bukan mau manggil orangtua kamu.Tapi nggak apa, dari jawaban kamu tadi Ibu sudah dapat jawabannya.
Konseli                      :Maksud Ibu?
Konselor                   :Menurut Siska,dengan keberadaan orangtua kamu kerjanya di Kantor Departemen Agama,apa iya Ayah kamu diberi sesuatu yang akan mencelakakan kamu?
Konseli                      :Tentu saja tidak ya! Iya kan Bu? Tapi saya takut Bu?
                                     Pil nya sekarang masih ada sama Buk Tumorang,saya takut nanti dia kasi tau sama guru-guru atau kawan saya di kelas.
Konselor                   :Menurut Ibu,sebaiknya jangan menduga-duga dulu.
 Nah ! sekarang menurut kamu sebaiknya bagaimana?
Konseli                      :Bagaiman kalau begini Bu? Saya telepon Ayah saya,saya
                                ceritakan kejadiannya,supaya nanti Ayah saya yang
                                menjelaskan sama Buk Tumorang.Saya takut,kalau makin
                                lama nanti beritanya tersebar.
Konselor                   :Kalau menurut kamu itu bisa membantu kenapa tidak?
Konseli                      :Terimakasih Bu,saya agak merasa lega,mudah-mudahan tuduhan Bu Tumorang itu tidak benar ya Bu!
Konselor                   :Ibu juga berharap begitu,dan berharap masalah kamu segera
                                bisa kamu selesaikan.
Konseli                      :Iya Bu.
Konselor                   :Ibu senang sekali.Dan Ibu banga sama Siska.
Konseli                      :Saya permisi ya Bu,dan sekali lagi terimakasih.
Konselor                   :Sama-sama,Ibu juga terimakasih.                               
                                Jangan segan,jika masih butuh bantuan Ibu,Ibu akan
                                dengan senang hati membantu.
                                 (sambil mengiringi siswa keluar,menjabat erat tangan Siska)
                               semangat!



                                                                                                Pringsewu……………………
                                                                                                Konselor,

                                                                                                …………………………….


Post a Comment for "contoh skenario Konseling Individu"