LAPORAN KKL

I.     PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang

Mahasiswa berperan untuk melakukan perubahan - perubahan yang dianggap perlu untuk mencapai kemajuan. Perubahan - perubahan itu sendiri dapat dalam bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya dan atau lainnya sesuai dengan kebutuhan bangsa. Terkait dengan hal tersebut, Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan nyata yang dapat diterapkan dalam pembangunan. Hanya dengan belajar dibangku kuliah, tidaklah cukup untuk membekali Mahasiswa agar memiliki kemampuan yang memadai. Perlu adanya praktek secara nyata sebagai pengalaman aplikatif. Untuk membangun kemampuan praktik tersebut, maka Mahasiswa perlu mendapatkan pengalaman kerja secara langsung. Sehingga dengan alasan tersebut kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dilaksanakan.  

Dengan kegiatan KKL maka Mahasiswa diharapkan akan memiliki kemampuan dan ketrampilan yang dibutuhkan dalam proses pembangunan bangsa Indonesia.  Kegiatan KKL sebagian besar penyelenggaraannya dilaksanakan di luar kampus yang bekerjasama dengan lembaga pemerintah yang memiliki kompetensi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dibidang pendidikan seperti pada Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling di Parung, Bogor.
B.       Tujuan KKL

Tujuan dari kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Prodi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan tahun 2010 antara lain:
1.      Meningkatkan pengetahuan praktis dalam disiplin ilmu yang dipelajari sehingga dapat lebih memahami serta mengaplikasikan antara teori dan praktek.
2.      Memberikan kesempatan kepada Mahasiswa untuk belajar menjadi tim kerja yang baik dan mengabdikan ilmu dan ketrampilannya.
3.      Memberikan bekal nyata kepada Mahasiswa tentang lingkungan kerja dan permasalahan-permasalahan yang ada didalamnya serta belajar untuk menyelesaikan segala permasalahan berdasarkan ilmu dan ketrampilan yang telah dipelajari.

C.       Manfaat KKL

Hasil kegiatan Kuliah Kerja Lapangan Prodi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan tahun 2010 diharapkan mempunyai kegunaan.

a.     Untuk Mahasiswa
1).   Memudahkan Mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir dan memecahkan masalah.
2).   Memudahkan siswa dalam penguasaan dan pendalaman serta pengaplikasian layanan Bimbingan Konseling.
3).   Menjadikan Mahasiswa lebih aktif dalam mempelajari pelayanan Bimbingan Konseling yang dapat dimanfaatkan di sekolah.
b.     Untuk Dosen
1).   Kegiatan KKL merupakan mediasi Dosen untuk menjelaskan kerangka utuh Bimbingan Konseling.
2).      Dosen dapat memberikan suatu bentuk perkuliahan yang representatif ditempat Obyek yang dijadikan KKL.
c.         Untuk Perguruan Tinggi
Dari kegiatan Kuliah Kerja Lapangan dapat meningkatkan kerja sama yang baik antara pihak Perguruan Tinggi dan Instansi yang dijadikan obyek KKL.


download selengkapnya dengan klik dibawah ini :

1 التعليق:

Anonymous said...

izin sedoot ya kak... ;))

Post a Comment

Penulis
Pendidikan
1. S1 BK (STKIPMPL)
2. S2 BK (Unnes)