Peran dan Fungsi Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum 2013

tanggal 12-13 Maret 2013 lalu, Progam Studi PPB-FIP Universitas Pendidikan Indonesia Bandung telah menggelar seminar nasional dan workshop yang membahas tentang Optimalisasi Peran dan Fungsi Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum Tahun 2013, dengan menghadirkan pembicara para pakar dari UPI dan beberapa tinggi lainnya.
Saya sebetulnya mendapat undangan tertulis dari panitia untuk hadir dalam kegiatan ini dan saya pun sudah berniat  untuk dapat memenuhi undangan ini, dengan harapan dapat memperoleh pencerahan secara langsung  dari para pemateri  tentang topik yang sedang hangat dibicarakan orang ini. Tetapi apa boleh dikata dikarenakan ada keperluan lain yang tidak bisa ditinggalkan, dengan sangat menyesal  harus  mengurungkan niat saya.
Kendati demikian, rasa penasaran dan kengintahuan saya tentang materi yang dibahas dalam seminar nasional dan workshop ini tetap saja masih terus menggayuti pikiran saya. Ketika saya sedang berkunjung ke SMA N 1 Kuningan, saya bertemu dengan  Ibu Yina Siti Nurpebriana, S.Pd, Guru BK SMK Negeri 3 Kuningan yang kebetulan beliau sempat hadir dalam kegiatan seminar tersebut. Saya menanyakan bagaimana hasil dari seminar dan beliau pun langsung menyerahkan sebuah kepingan Compact Disc yang didalamnya berisi beberapa sajian materi yang disampaikan dalam acara seminar di UPI Bandung.
Untuk kepentingan pengetahuan bersama, melalui tulisan ini saya unggah sebagian sajian materi yang disampaikan dalam acara seminar tersebut (dalam bentuk tayangan power point). Jika Anda ingin mengunduhnya, silahkan klik tautan di bawah ini dan mari kita diskusikan lebih lanjut!
  1. Kerangka Pikir Pemberdayaan Bimbingan dan Konseling dalam  Implementasi Kurikulum 2013: Sebuah Proposal Kebijakan (Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd., Profesor Ilmu Pendidikan bidang Bimbingan dan Konseling, Rektor UPI Bandung)
  2. Optimalisasi Peran dan Fungsi Bimbingan dan Konseling dalam  Kurikulum 2013. (Prof.Dr.Mungin Eddy Wibowo, M.Pd.,Kons. Guru Besar BK UNNES. Ketua Umum PB ABKIN)
  3. Dasar-Dasar Pengembangan Program BK Komprehensif (Setiawati, Dosen PPB FIP Universitas Pendidikan Indonesia)
  4. Peran Profesi Bimbingan dan Konseling dalam  Implementasi  Kurikulum 2013. (Muh Farozin. Dosen FIP UNY) =>>>> sumbernye : http://akhmadsudrajat.wordpress.com

Post a Comment for "Peran dan Fungsi Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum 2013"