Konseling Teman Sebaya (Terjemahan Myrick)

Konseling teman sebaya sebagai salahsatu intervensi konselor merupakan salahsatu bab dari buku Karya Myrick yang berjudul Developmental Guidance and Counseling.


Isi bab ini sebagai berikut :
A. Definisi konseling sebaya
Apa yang dimaksud dengan “fasilitator sebaya?” Istilah ini berarti seorang siswa yang menggunakan penolong kemampuan dan konsep untuk membantu siswa yang lain-dan terkadang orang dewasa-untuk berpikir tentang ide dan perasaan, untuk mengeksplorasi alternatif terhadap situasi, dan untuk membuat keputusan yang bertanggung jawab (Myrick & Bowman, 1981/1991). Fasilitator sebaya telah digunakan secara sama dengan penolong sebaya, fasilitator sebaya, tutor sebaya, kakak laki – laki maupun kakak perempuan, konselor siswa, pemimpin kelompok sebaya, dan konselor sebaya.

dst............

B Kekuatan hubungan Teman Sebaya
Hubungan teman sebaya biasanya bersifat kuat dan mereka seharusnya diatur untuk tingkat yang anak muda belajar bagaimana berinteraksi secara positif satu sama lain. hal ini bukanlah sebuah proses kecocokan. Program - program sekolah harus mengakui bahwa siswa - siswa perlu untuk mengambil bagian aktif dalam pembangunan hubungan saling membantu dan lingkungan pembelajaran yang positif. Mereka membutukan kesempatan untuk belajar kemampuan sosial, sebaik matematika, sains, bahasa Inggris, dan sejarah. Mereka perlu untuk belajar kemampuan manajemen hidup dan bagaimana untuk mendorong dan mendukung satu sama lain dalam proses pembelajaran.

dst ......................

C.    Empat Dasar Peran Penolong
Ada banyak hal yang mungkin dilakukan oleh konselor sebaya. Hal ini dapat membantu jika ada berfikir tentang empat peran bantuan yang berbeda.
1. Asisten khusus
2. Tutor
3.  Teman khusus
4.  Pemimpin kelompok kecil
Penjelasan mengenai ke empat dasar di atas ada di makalah, silahkan download link di bawah

D. Faktor-faktor yang Dipertimbangkan
Ada beberapa faktor untuk dipertimbangkan sebelum mengembangkan program konseling teman sebaya. Apa sajakah faktor-faktor tersebut ? Penjelasan lengkapnya ada di makalah

E.  Program Konseling Teman Sebaya
F.  Pentunjuk-petunjuk yang Bermanfaat
G.  Keuntungan, Batasan dan Kesimpulan

Download Makalah lengkap di link bawah ini

Konseling Teman Sebaya sebagai Salahsatu Intervensi Konselor (Kode = Myrick9)
DOWNLOAD

Folder memiliki password, jika berkenan mengirimkan uang pengganti biaya internet, maka Anda akan mendapatkan paswordnya. Caranya sebagai berikut :

1. ketik kode konfirmasi jenis artikel :
contoh artikel ini : Myrick9 kirim ke 085380245777
2. kirim atau transfer pulsa 10.000 ke 085380245777
3. Anda akan mendapatkan password RAR artikel ini


SHARE THIS

Author:

Pendidikan : S1 BK, S2 BK. Pekerjaan : Dosen STMIK Pringsewu, Dosen Tamu BKI FDIK UIN Lampung. Keahlian : Model-model Konseling, BK Komprehensif, Konseling kelompok, Statistik Sosial

Latest
Next Post