Langkah-langkah Penelitian


Bilamana topik penelitian yang dilakukan masih belum banyak sumber dan literatur maka penelitian kualitatif lebih bermanfaat dari pada kuantitatif.
 
Sebelum membicarakan penelitian kualitatif, baiklah kita bahas dulu langkah-langkah penelitian kuantitatif.
Penelitian (bukan proposal penelitian)  selalu diawali dengan pertanyaan penelitian, dan diakhiri dengan jawaban yang merupakan hasil penelitian.
 
Tahapan-tahapan penelitian kuantitatif:
 
Tahap 1: Tahap Konseptual (Merumuskan dan membatasi masalah, meninjau kepustakaan yang relevan, mendefinisikan kerangka teoritis, merumuskan hipotesis).
 
Tahap ini termasuk merenungkan, berpikir,  membaca, membuat konsep, revisi konsep, teoritisasi,  bertukar pendapat, konsul dengan pembimbing, dan penelusuran pustaka.
 
 Tahap 2: Fase Perancangan dan Perencanaan (memilih rancangan penelitian, mengidentifikasi populasi yang diteliti, mengkhususkan metode untuk mengukur variabel penelitian, merancang rencana sampling, mengakhiri dan meninjau rencana penelitian, melaksanakan pilot penelitian dan membuat revisi).
Peneliti menentukan metode yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian.
 
Tahap 3: Fase Empirik (pengumpulan data, penyiapan data untuk analisis)
 
Tahap 4: Fase Analitik (analisis data, penafsiran hasil)
 
Tahap 5: Fase Diseminasi
 
Pada fase dilakukan penyebaran penemuan ini hasil penelitian dikirimkan kepada  jurnal-jurnal penelitian yang relevan dengan topik. Baik lokal maupun   luar negeri. Di samping jurnal peneliti juga mengusahakan untuk pemuatan di majalah-majalah, jurnal on-line, dan mengadakan seminar-seminar yang dihadiri perwakilan-perwakilan lembaga pendidikan dan ilmiah serga lembaga pemerintah terkait serta LSM.
 
Pada tataran mahasiswa yang melakukan penelitian untuk tugas akhir fase diseminasi sudah dilakukan dengan presentasi hasil karya tulis ilmiah / skripsi di depan dewan penguji dan dihadapan audiens yang diundang untuk mengikuti jalannya sidang dan terlibat dalam saran-saran dan pertanyaan kritis kepada peserta sidang. Walaupun begitu diseminasi sesungguhnya adalah apabila proses sidang dan persetujuan diselesaiakan.
Pada fase diseminasi dilakukan juga proses penggunaan temuan yang dilakukan oleh peneliti sendiri atau pihak lain yang mencoba memanfaatkan setelah mengetahui dari proses diseminasi.

Share This Article
Komentar Anda

ingin mengenal admin?
kunjungi blog pribadi saya di
http://isnidhanianto.blogspot.com